Kakankemenag Aceh Utara : “AKG, AKK Dan AKP” Sebagai Penilaian Dan Pengukuran Terhadap Keprofesionalitasan

Foto : Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA saat meninjau pelaksanaan AKG, AKK dan AKP (sesi 1), Kamis (19/11/2020) di TAK MTs Negeri 4 Aceh Utara. (hR/Ist)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Untuk mendapatkan mutu atau kualitas dari sebuah pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat dilakukan melalui kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

Kegiatan asesmen ini untuk melakukan penilaian dan pengukuran terhadap keprofesionalitasan guru, kepala Madrasah dan pengawas Madrasah,” ungkap Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA saat meninjau pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di MTs Negeri 4 Aceh Utara, Kamis (19/11).

Ia melanjutkan, secara umum pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di titik MTs Negeri 4 Aceh Utara terlaksana dengan baik dan lancar, berharap agar tidak terkendala hingga tuntas dalam beberapa hari ke depan, termasuk di beberapa Madrasah lainnya di Aceh Utara yang menjadi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK).

H. Zahiri, S.Pd Selaku Penanggung Jawab di TAK MAN 1 Aceh Utara Sedang Memastikan Kesiapan Peserta Menjelang Waktu Pelaksanaan AKG, AKK dan AKP

AKG, AKK dan AKP ini dilaksanakan secara serentak oleh Kemenag di seluruh Indonesia, mulai tanggal 19 hingga 21 November 2020, tambahnya.

Terima kasih proktor, teknisi dan penanggung jawab kegiatan, yang telah bersinergi dengan Help Desk (HD) Kabupaten, sehingga bila ada persoalan yang muncul selama pelaksanaan kegiatan ini dapat teratasi nantinya, juga kepala Madrasah yang telah menfasilitasi kegiatan ini,” ujar H. Salamina.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA Didampingi Staf Bersama Tim Monev Kanwil Kemenag Aceh, Meninjau Pelaksanaan AKG, AKK dan AKP (sesi 2) di TAK MTs Negeri 2 Aceh Utara

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA mendampingi Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kantor Wilayah Kemenag Aceh meninjau langsung pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di beberapa TAK, yaitu di MAN 3 Aceh Utara, MAN 5 Aceh Utara, MTsN 2 Aceh Utara dan MTsN 4 Aceh Utara.

H. Hamdani menjelaskan, AKG, AKK dan AKP merupakan baseline pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Hasil asesmen akan diperoleh peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. “Asesmen sebagai alat ukur kompetensi bagi guru, kepala Madrasah dan pengawas,” imbuhnya.

Bersama Tim monev Kanwil Kemenag Aceh, turut serta juga Help Desk (HD) Kabupaten, Murtalabuddin, S.Pd, Admin Asesmen Yusnan, S.H dan Operator Zulfikar, S.H. Yusnan, selaku admin asesmen menyebutkan, jumlah peserta di lingkungan Kemenag Aceh Utara sebanyak 1.172 orang, yang terdiri 1.046 guru, 116 Kepala Madrasah dan 10 orang Pengawas Madrasah.

Sedangkan Tempat Asesmen Kompetensi (TAK), MTsN 1 Aceh Utara, MTsN 2 Aceh Utara, MTsN 4 Aceh Utara, MAN 1 Aceh Utara, MAN 2 Aceh Utara, MAN 3 Aceh Utara dan MAN 5 Aceh Utara. (Yoes/hR)

Don`t copy text!