Pemkab Pidie Lelang Lebih Dari 113 Paket Proyek, Namun Kadis PUPR Sulit Dikonfirmasi Wartawan

Foto : Kondisi sungai Kueng Baro, Kota Sigli, memprihatinkan, sudah menahun tidak diperhatikan oleh Dinas PUPR Pidie. (hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Sampai dengan Jum’at 20 November 2020 sudah lebih dari 113 paket kegiatan dari 14 SKPK lingkup Pemkab Pidie yang dilelang melalui laman LPSE Kabupaten Pidie, dari lelang paket tersebut tidak termasuk pengadaan Traktor yang rencananya dilelang pada tahun ini.

Dari penjelasan Plt. Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemkab Pidie, Buchari, AP, M.Si, pada Senin 12 Oktober 2020 lalu, ada 113 peket dari APBK Pidie TA 2020, maupun bersumber dari Bankeu Provinsi akan dilelang melalui LPSE Kabupaten Pidie.

Dikatakan Buchari pada saat itu, bahwa dari 113 paket proyek yang dilelang termasuk pengadaan Traktor dari Dinas Pertanian Pangan (Distanpan) Pidie dengan nilai paket sekitar Rp. 310 juta, sumber APBK Pidie TA 2020.

Bila dilihat dari server LPSE Kabupaten Pidie per-Jum’at (20/11), sudah 117 paket yang ditanyang, bahkan ada paket kegiatan baru ditanyang, seperti sejumlah paket peningkatan jalan pada Dinas PUPR Pidie dengan nilai paket dari rutasan juta sampai Rp. 2,5 Milyar.

Dari jadwal lelang normal pada proses lelang LPSE Kabupaten Pidie, untuk paket ini sejak pengumuman sampai penanda tanganan kontrak membutuhkan waktu 33 hari keleder terhitung dari 19 November sampai 22 Desember 2020.

Penjelasan Kadistanpan Pidie, Ir. Sofyan Ahmad, pengadaan traktor akan ditender melalui LPSE Kabupaten Pidie, sedangkan beberapa kegiatan lain di Instansinya sudah selesai proses lelang.

Sementara Kadis PUPR Pidie, Ir. Samsul Bahri, M.Si, yang hendak dikonfirmasi kabarnya sejak kamis sudah keluar daerah.

Kadis PUPR memang sulit ditemui wartawan, kata beberapa awak media di sigli.Bahkan bersama rekan media lain, sebelumnya juga pernah beberapa kali menghubungi, dan mendatangi kantor Dinas PUPR yang tidak jauh dari kantor PWI Pidie, tetapi tidak pernah ketemu, beliau jarang ditempat.

Ada beberapa kegiatan yang perlu di konfirmasi beliau, seperti kelanjutan pembangunan sejumlah jembatan, jalan berlubang seputaran kota, penggunaan aset oleh pihak lain, juga terkait sejumlah kegiatan sedang dilaksanakan.

Tentunya hal ini perlu keterangan Kadis, sehingga wartawan tidak salah dalam menginput data untuk pemberitaan nantinya. (AA/hR)

Don`t copy text!