Pemkab Pidie Minta Dukungan Penuh Pemerintah Pusat Perkuat Perpustakaan

Foto : Sekda Pidie, H. Idhami menyampaikan harapan dukungan penuh pemerintah pusat dalam pengembangan pustaka Pidie, dalam kegiatan Indek Literasi Masyarakat yang berlangsung di Aula Kemenag setempat, Rabu (04/11/2020), turut hadir Anggota Komisi X DPR RI dan perwakilan Perpustakaan Nasional. (Dok.Humas & Protokoler/hR/Asnawi Ali)

Siglihaba RAKYAT |

Dalam Rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Di Provinsi/Kab/Kota 2020, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Pidie, Provinsi Aceh menggelar kegiatan bertajuk “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju“, Rabu.(04/11/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Kemenag Pidie tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie H. Idhami, S.Sos, M.Si, turut dihadiri perwakilan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Dr. Adin Bondar, S.Sos, M.Si dan Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal.

Sekda yang mewakili Bupati Pidie dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini sangat penting untuk disikapi secara serius yang akan membuka wawasan serta memotivasi semua pihak tentang pentingnya budaya literasi dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Acara ini sangat penting dalam rangka peningkatan indeks literasi,” jelas Sekda. H. Idhami.

Disampaikan, Pemkab Pidie sangat mendukung gerakan literasi. Bentuk komitmen tersebut sebagaimana yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) Pidie 2017-2022.

Visi Pemkab adalah terwujudnya partisipasi masyarakat dalam membangun Pidie yang mulia, berkualitas, sejahtera dan memiliki masa depan

Penjabaran misi yang telah dituangkan ke dalam kegiatan literasi berupa pelayanan perpustakaan induk, pelayanan perpustakaan kecamatan, pelayanan perpustakaan keliling, pelayanan silang layanan buku di tempat-tempat fasilitas umum seperti, lembaga pemasyarakatan dan pembinaan-pembinaan lainnya,” jelas H. Idhami.

Dikarenakan keterbatasan anggaran, pada kesempatan tersebut, Sekda Pidie meminta dukungan penuh dari Perpustakaan Nasional RI, serta Illiza Saaduddin Djamal untuk memberi perhatian khusus terhadap Pemkab Pidie dalam meningkatkan pelaksanaan literasi.

Dalam pelaksanaan literasi, Pemkab Pidie mengalami keterbatasan anggaran. Perlu dukungan Ibu Illiza dan Dr. Adin untuk program pelestarian koleksi nasional, dan naskah kuno sebagaimana yang dimanahkan dalam Permendagri Nomor 90 Tahun 2019,” harap H. Idhami.

Hal tersebut dipandang perlu, mengingat sangat banyak naskah kuno di Pidie yang perlu diliestarikan“, ucap sekda.

Disamping itu, Pemkab Pidie juga membutuhkan dukungan agar tersedianya gedung perpustakaan yang refresentatif dalam penguatan indeks literasi masyarakat, untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju sebagaimana yang diimpikan Bapak Presiden RI Joko Widodo,” tutup Sekda. (AA/hR)

Don`t copy text!