Segera Ajukan Permohonan Ke Dinsos Pidie Santunan Meninggal Covid- 19

Foto : Kadis Sosial Pidie, Drs. H. Muslim Yusuf. (hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Dinas Sosial Pidie menyampaikan kepada masyarakat yang keluarganya meninggal disebabkan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) untuk mengajukan permohonan santunan kematian kepada pihaknya.

Bantuan tersebut mengacu kepada Surat Edaran (SE) Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Nomor : 427/3.2/BS.01.02/06.2020 Tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona (Covid-19) tertanggal 18 Juni 2020.

Dalam SE dari Kemensos RI disebutkan pemberian santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona sebesar Rp. 15 Juta per-jiwa korban meninggal.

Kadinsos Pidie Drs. H. Muslim Yusuf kepada Media haba RAKYAT, Senin (16/11) menjelaskan, bahwa pihaknya telah berkonsultasi dengan Dinsos Aceh perihal santunan kepada ahli waris korban meninggal Covid -19, sesuai SE dari Kemensos RI.

Kita sudah berkonsultasi dengan Dinsos Aceh tentang SE dari Kemensos mengenai santunan kepada ahli waris meninggal dunia akibat Covid-19“, ungkap H. Muslim.

Untuk setiap korban diberikan santunan sebesar Rp. 15 Juta bersumber dari Kemensos RI, dengan mengajukan permohonan kepada Dinsos Pidie, dan melengkapi syarat-syarat, sesuai SE dari Kemensos“, imbuhnya.

Adapun syarat yang harus dilengkapi oleh ahli waris berupa Copy KTP, KK dari ahli waris dan korban. Kemudian Copy surat keterangan meninggal. Copy surat keterangan hasil pemeriksaan dari Dinkes Kab/Kota/Provinsi/ atau Puskesmas, Lab, Klinik (menyatakan positif Covid/rekam medis)”. terang Kadinsos.

Dilanjutkan H. Muslim, “Syarat lainnya, Surat Domisili bagi yang bukan asli dari daerah tersebut (berkas asli). Surat pengantar dari Dinsos/Dinkes Kab/Kota ke Provinsi (berkas asli). Surat Rekom dari Dinsos Provinsi“.

Selanjutnya foto koban meninggal berwarna. Copy buku tabungan/rekening ahli waris. Dan terakhir surat keterangan ahli waris (berkas asli). supaya permohonan segera diajukan ke Dinsos Pidie, untuk selanjutnya kita teruskan ke Kementerian Sosial RI”, demikian H. Muslim Yusuf.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Dinsos Pidie belum menerima petunjuk dari Dinsos Aceh, sehingga permohonan ahli waris dari korban meninggal Covid -19 pada waktu itu belum bisa diterima, barulah sekarang proses bisa dilakukan.

Diketahui korban meninggal terpapar Covid-19 di Pidie sampai Sabtu 14 November 2020 sudah 36 orang, sesuai data yang dirilis Dinkes Pidie, dan disampaikan kepada awak media oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTP2 C19) Pidie, Ir. HM. Hasan Yahya, M.M (AA/hR)

Don`t copy text!