Banjir Daerah Pedalam Julok Belum Kunjung Surut

Foto : Dua desa lagi di Julok masih digenangi air, sementara daerah lainnya mulai surut hingga 2-3 centimeter, Minggu (06/12/2020). (hR/J.Miswar Isa)

Aceh Timur – haba RAKYAT 

Banjir yang menimpa didaerah desa pedalaman Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur belum kunjung surut, tetapi di daerah lainnya sudah mulai berkurang.

Geuchik Gampong Lhok Seuntang, Darwin kepada awak media mengatakan, “untuk Kecamatan Julok ada dua Gampong lagi yang mengalami banjir dan masih digenangi air atau terendam yaitu, Gampong Lhokseuntang dan Gampong Seumatang,” ujar nya, Minggu, (06/12).

Gampong Lhok Seuntang masih terendam rumah warga sebanyak 222 unit dan ini sudah termasuk di empat dusun. Dikatakannya, “sesuai data Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Aceh Timur Ashadi menyebutkan, tersebar di empat dusun dengan rincian 78 rumah di dusun Teupin Lada, 72 unit di dusun Teupin Raya, 52 unit di dusun Tanjung Meunuang dan 20 unit rumah di dusun Masjid,” ujarnya.

Didusun-dusun tersebut, masih kelihatan tingkat ketinggian air rata-rata 10-65 Centimeter didalam rumah warga. Untuk Gampong Seumatang, terdapat 25 unit rumah hingga saat masih terendam banjir,” kata Geuchik Darwin.

Geuchik Darwin menambahkan, “air naik lagi sejak minggu kemarin dan telah merendam rumah warga sebanyak 222 unit hingga hari ini,” kata Geuchik belum surut.

Lebih lanjut Geuchik Darwin menguraikan, penyebab banjir, selain curahan hujan lebat yang berkepanjangan, juga akibat luapan air sungai Arakundo yang tidak terlalu jauh dengan perumahan pemukiman penduduk, urainya.

Sampai saat ini genangan air dirumah warga mencapai antara 2 hingga 3 Centimeter,”ungkap Geuchik.

Oleh karenanya, “Geuchik Darwin mengharapkan keseriusan Pemerintah untuk segera membangun Tanggul sungai sepanjang 5 KM yang melintasi Gampong tersebut, sangat didambakan.”

Sementara itu, Camat Julok Adnan S.Ag didampingi oleh Kapolsek Julok AKP. Masri Aswara, Babinsa Koramil Julok dan Babinkamtibmas saat dijumpai awak media, disela-sela memantau kondisi banjir di Gampong Lhokseuntang mengatakan, “bahwa Senin air sudah surut, dan pihaknya akan terus memantau kondisi banjir,” ucap Camat.

Camat mengatakan, airnya sudah mulai surut sekitar 2-3 Centimeter, kami Muspika Julok bersama pemerintah Gampong Lhokseuntang sudah membangun posko pengungsi dan membuka dapur umum dan akan selalu memantau kondisi banjir digampong ini,” ujar Camat.

Disamping itu juga kami berpesan kepada warga agar selalu berhati hati agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan”, kata camat Julok, demikian juga pesan dari Kapolsek. (Jim/hR)