Danrem 012/TU Tutup Kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Di Abdya

Foto : Danrem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi di dampingi Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Arip Subagio, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK dan Ketua DPRK Nurdianto saat menuju barisan peserta usai apel kegiatan dan menanyakan bagaimana kesiapan peserta dalam menanggulangi bencana alam.

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT|

Komando Resor Militer (Korem) 012 Teuku Umar menggelar apel penutupan latihan penanggulangan bencana alam di SKB, Gampong Suak Labu, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat daya (Abdya).

Kegiatan tersebut hanya berlangsung selama 4 hari, sejak Senin lalu (14/12). Kegiatan penutupan latihan bencana alam itu langsung dihadiri oleh Komandan Korem (Danrem) 012/TU, Kamis, (17/12).

Danrem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi SIP MSDA sekaligus jadi komandan apel pada kegiatan tersebut mengatakan, “dengan berakhirnya kegiatan latihan para peserta telah menuntaskan semua tahapan materi, latihan secara keseluruhan dengan aman dan lancar“.

Namun perlu saya ingatkan bahwa, penilaian keberhasilan suatu latihan bukan hanya diukur dari selesai dan tuntasnya kegiatan latihan tersebut, melainkan hal yang sangat mendasar adalah bagaimana hasil pelaksanaan latihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kita semua, para peserta latihan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang akan dihadapi, terutama pada komando pengendalian Operasi Prosedur Kerja, staf dan unsur terkait serta tehnis mengatasi bencana pada suatu kegiatan penanggulangan bencana alam yang akan kita hadapi” sebut Danrem.

Dikatakan, oleh karena itu pengalaman yang didapat selama latihan ini, bisa terus dilatihkan pada kesempatan-kesempatan yang akan datang. Sehingga segala kekurangan dan kelemahan yang masih dijumpai saat ini dapat diperbaiki, dan disempurnakan untuk kita siap menghadapi dan melaksanakan tugas mitigasi terhadap ancaman bencana alam yang kemungkinan akan terjadi di daerah ini.

Kepada peserta latihan yang saya banggakan, “saya ucapkan selamat sekali lagi, kepada kita semua atas terselenggaranya latihan ini dengan aman dan lancar“.

Kepada penyelenggara mari laksanakan evaluasi dan kaji ulang untuk menemukan berbagai kelemahan dan kendala selama berlangsungnya latihan ini, sehingga dapat digunakan sebagai referensi dan acuan dalam menyempurnakan penyelenggara latihan yang sama di masa yang akan datang,” ujarnya.

Kemudian Danrem 012/TU juga mengucapkan “terima kasih kepada Bupati Abdya beserta para unsur forkopimda dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya serta suksesnya kegiatan latihan ini”, ucap Danrem.

Semoga keberhasilan latihan ini bisa bermanfaat yang besar bagi kita semua dalam menghadapi tugas-tugas kita kedepan, khususnya dalam tugas penanggulangan bencana alam,”.

Demikian Pantauan awak Media, tim peserta latihan bencana alam itu diikuti oleh, Anggota TNI, Polri, Dinas Kesehatan, PMI, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Sosial, Tagana, BPBK, FKPPI, SAR, RAPI dan Pemuda Pancasila.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK, Ketua DPRK Nurdianto, Asisten I Amrizal S.sos, Kepala Dinas Kesehatan Safliati SSTP M.kes dan tamu undangan lainnya. (hR/MS)