Polres Langsa Gelar Operasi Lilin Seulawah 2020

Foto: Apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin (21/12/2020) di lapangan Mapolres setempat. (hR/M Ruslan).

Kota Langsa – haba RAKYAT |

Jajaran Polres Langsa mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah tahun 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin (21/12) di lapangan apel Polres setempat.

Operasi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini akan dihelat selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya Pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Kapolri menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu menyiapkan mental dan fisik, serta menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang.

Sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.

Pihak keamanan melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, memberikan pelayanan terbaik, melengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta melakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin tahun 2020.

Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak”, ucapnya.

Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian,” Demikian amanat Kapolri.

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri Walikota Langsa Usman Abdullah, Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, Pasie Ops Kodim 0104/Atim Kapten Inf. Suharyanto, Wakapolres Langsa Kompol Muhammad Dahlan, SH, MH, Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa dr. Herman, Kepala Jasa Raharja Kota Langsa Dedy Rachmat, SE, Kabid Ops Satpol PP Kota Langsa Reza Ardiyansyah, S.STP, para kabag, Kasat, Kaur, Kapolsek dan Perwira Polres Langsa.

Peserta upacara antara lain 1 pleton personil Kodim 0104 Aceh Timur, 1 pleton personil Kompi Brimob Aramiah, 1 pleton personil Sat Sabhara Polres Langsa, 1 pleton personil Sat Lantas Polres Langsa, 1 pleton personil gabungan Polsek dan staf Polres Langsa, 1 peleton personil gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Satnarkoba Polres Langsa, 1 pleton gabungan personil Dinas Perhubungan Kota Langsa dan Satpol PP Kota Langsa. (M Ruslan/hR).