Upaya GTP2 C19 Pidie Antisipasi Penyebaran Covid -19, Hasan Yahya : Media Berperan Penting

Foto : Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTP2 C19) Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Ir. H.M. Hasan Yahya, M.M. (hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTP2 C19) Pidie, Ir. H.M. Hasan Yahya, M.M, kepada Media haba RAKYAT, Sabtu (12/12) sore, bahwa 316 warga Pidie berstatus Positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, terhitung per-Jum’at (11/12).

Data GTP2 C19 Pidie, dari 372 Positif, 316 dinyatakan sembuh, 11 masih rawat rumkit, 5 (lima) orang melakukan isolasi secara mandiri, dan 40 orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk kasus Suspek kata Jubir, dari 479 orang terinfeksi 319 dinyatakan sembuh, 52 orang masih rawat, isolasi mandiri nihil, terkonfirmasi 106, dan meninggal (probable) 2 (dua) orang.

Dalam data dari GTP2 C19 Pidie juga tersebut Kasus Kontak (KE) 676 orang, dimana selesai pantau berjumlah 659 orang, dan masih dalan pantauan 17 orang. Sedangkan total meninggal 42 orang, dari Kasus Positif 40 orang dan Suspek (probable) 2 (dua) orang.

Insya Allah kasus tertular virus Covid-19 di Pidie sudah melambat dibanding awal terjangkit, pada maret 2020 lalu. Hal ini tidak lepas dengan berbagai upaya yang tekah dan terus dilakukan pemkab Pidie lewat GTP2 C19, baik dengan sosialisasi maupun aksi langsung“, terang Hasan Yahya.

Memberikan pemahaman kepada masyarakat di 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie, dengan menyebarkan informasi tentang bahaya Covid-19 dan upaya pencegahan, sudah dilakukan Diskominfo dan Sandi Pidie, sejak Maret hingga Desember 2020“, ungkapnya.

Juga berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh GTP2 C19 Pidie untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, yang dilaksanakan oleh Tim gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP, halnya juga dilaksanakan oleh SKPK secara interen instansi, maupun secara luas, termasuk yang dilakukan oleh pemerintah gampong kepada masyarakat luas,” sebut Jubir GTP2 C19 Pidie.

Sebut saja pada awal merebaknya virus ini di Pidie, Tim Gugus, dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinkes, juga berbagai organisasi, secara bersama melalukan penyemprotan Disinfektan, sebagai pencegahan penyebaran Covid -19“.

Kemudian berbagai bantuan sosial imbas Covid -19 digelontorkan, maupun pelayanan medis oleh pemerintah, terakhir santunan kematian juga diberikan oleh pemerintah, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat”, imbuh Hasan Yahya.

Dan sampai saat ini pun, Tim Peucrok-19, Tim gabungan, TNI, Polri, Satpol PP, Dinkes, Dishub, yang dipimpin Kabagops Polres Pidie, AKP Iswahyudi, S,H terus berupaya keras menghimbau, bahkan menindak pelanggar Prokes Covid-19, mereka bekerja siang malam diseluruh pelosok, demi terbebasnya masyarakat Pidie dari wabah tersebut”, jelas Hasan Yahya.

Semua yang sudah dan sedang dilaksanakan GTP2 C19 tidak lepas dari peraturan pemerintah, baik Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten, dalam rangka antisipasi meluasnya penyebaran Covid -19 di dalam masyarakat luas“.

Dikatakan Hasan Yahya, “GTP2 C19 yang dipimpim Bapak Bupati Pidie, Roni Ahmad, S.E, didampingi unsur Forkopimda Pidie sebagai para ketua, dan Bapak Wakil Bupati, Fadhlullah TM Daud, S.T selaku Ketua Harian, serta melibatkan SKPK, maupun unsur terkait, sedang dan terus bekerja”.

GTP2 C19 Pidie mencurahkan pikiran untuk memulihkan kondisi, sehingga masyarakat bisa hidup normal kembali, baik untuk beribadah maupun bekerja dalam mencari nafkah dengan nyaman dan aman”, jelasnya lagi.

Juga anak-anak kita bisa bersekolah maupun ke pengajian dengan aman dan nyaman, tanpa rasa was-was kita selaku orang tua, akan terpapar nya virus Covid-19 kepada mereka“, ucap Hasan Yahya.

Hasan Yahya berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar kondisi bisa segera pulih, dan dia sangat yakin, disini peran media sangatlah berpengaruh dalam merubah pola pikir masyarakat tentang informasi seputar Covid-19.

Dengan adanya informasi-informasi seputar Covid-19 dari media, tentang bahaya dan upaya pencegahannya, maka masyarakat bisa paham dan menyadari akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid -19, tentu hal ini akan mempercepat pemulihan, pada akhirnya Pidie bisa terbebas dari wabah Covid-19“, imbuhnya.

Diakhir penyampaian, Jubir GTP2 C19 Pidie, mengajak masyarakat tetap mematuhi Prokes Covid-19, selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun sehabis beraktivitas, juga tidak lupa senantiasa ber-Doa dan ber-Zikir setiap waktu beribadah, tutupnya Hasan Yahya. (AA/hR)