Buka Temu Karya Karang Taruna Kecamatan, Ini Kata Camat Banda Baro

Foto : Para peserta acara Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara berfose usai acara, Rabu (30/12/2020) di Aula Kantor Camat setempat. (hR/Istimewa)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Karang Taruna adalah Organisasi sosial kemasyarakatan, sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, terutama generasi muda di wilayah desa, terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan.

Hal itu diungkapkan Camat Banda Baro, Syahrul Nizam, S.STP, M.Si pada acara Temu Karya Karang Taruna, Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara, Rabu (30/12) di Aula Kantor Camat setempat.

Itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Adat Desa”, sebutnya.

Lebih lanjut, Syahrul Nizam mengatakan, “Program kerja rutin pemuda Karang Taruna yaitu Temu Karya adalah Suatu kegiatan yang sangat positif dalam membantu pemerintah daerah dan lingkungannya”.

Tugas Karang Taruna sangat berat, terutama dalam mengangkat permasalahan kesejahteraan sosial pemuda dan masyarakat.

Dengan kegiatan seperti ini, pemuda dan pemudi dapat berperan aktif dan bersinergi dengan komponen masyarakat di lingkungannya masing-masing, khususnya di wilayah Kecamatan Banda Baro”, ujar Camat.

Kepada semua warga Karang Taruna ia berpesan, agar selalu menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat, dalam artian tidak terkontaminasi dengan penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya.

Karang Taruna merupakan pilar partisipasi masyarakat dalam mengangkat perekonomian melalui usaha-usaha yang dibina bersama oleh para pengurus melalui Kelompok Usaha Bersama, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Sarjani, ST mengapresiasi dan berterima kasih kepada Camat Banda Baro, atas terselenggaranya Temu Karya Karang Taruna Kecamatan, sekaligus support dan kepedulian yang diberikannya.

Ia berharap, agar kegiatan yang bersifat seremoni dapat diminimalkan, sedangkan usaha ekonomi kreatif kepemudaan dapat diprioritaskan dengan melibatkan Karang Taruna di setiap Gampong.

Dapat dikabarkan bahwa, pada acara Temu Karya tersebut dilakukan pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan Banda Baro secara terbuka, karena kepengurusan sebelumnya sudah dibubarkan.

Pada pemilihan tersebut, forum bersepakat dengan pemilihan secara terbuka. Dua calon yang diajukan, yaitu Syarifuddin dan Asnawi, A.Md. Dari hasil suara tersebut, Asnawi, A.Md terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Banda Baro.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Ketua BKPRMI Kabupaten Aceh Utara, Muspika Banda Baro, para Imum Mukim, Geuchik Gampong, Pimpinan OKP/Orsos dan Karang Taruna Gampong serta para tamu undangan lainnya. (Yoes/hR)