HAB Ke-75 Kemenag RI, Menag Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Foto : Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA saat melakukan penyematan Tanda Penghormatan Karyalancana Karya Satya kepada salah seorang ASN pada peringatan HAB Ke-75 Kemenag RI, Selasa (5/1/2021). (hR/Yoes)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) RI di lingkungan Kemenag Aceh Utara diperingati dengan sebuah upacara resmi, yang berlangsung Selasa (5/1), di halaman Kankemenag setempat.

Amatan Media haba RAKYAT, peringatan HAB kali ini berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan penerapan protokol kesehatan ketat, pelaksanaannya juga sederhana dan peserta upacara pun terbatas, yang hanya diikuti Kasubbag TU, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh dan Penghulu, para Pengawas, Kepala Madrasah serta para pegawai di Kankemenag Aceh Utara.

Bertemakan “Indonesia Rukun”, upacara dipimpin langsung Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA selaku Inspektur Upacara dan Nazaruddin bertindak sebagai Komandan Upacara.

Pengibaran Bendera Merah Putih Pada Upacara HAB Ke-75 Kemenag RI, Di Halaman Kankemenag Kabupaten Aceh Utara.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Quomas dalam amanatnya yang dibacakan Kakankemenag Aceh Utara, H Salamina mengatakan HAB Ke-75 ini mengusung tema kerukunan ummat tanpa mengusik keyakinan setiap pemeluk agama.

Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal untuk memajukan bangsa ini. Tanpa kerukunan, akan sukar untuk menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia”, katanya.

Kita dituntut untuk saling menghargai hak-hak orang lain, sesuai dengan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa” sebutnya.

Suasana Saat Berlangsungnya Upacara HAB Ke-75 Kemenag RI, Di Halaman Kankemenag Aceh Utara.

Pekembangan toleransi saat ini tanpa mengusik aqidah masing-masing pemeluknya. Mengembangkan toleransi beragama tidak ada diktator mayoritas ataupun tirani minoritas.

Bangsa Indonesia harus dapat menjaga persatuan di tengah kemajuan teknologi saai ini. Oleh karenanya, manajemen dan pelayanan harus lebih baik lagi”, tegas Menag.

Peringatan HAB Ke-75 diwarnai dengan pemberian bingkisan dan cendera mata kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh Utara yang telah memasuki masa purnabakti dan juga kepada keluarga ASN Kemenag yang keluarganya telah meninggal dunia.

Dapat dikabarkan bahwa, pada kesempatan tersebut, sejumlah ASN Kemenag Aceh Utara lainnya juga menerima piagam penghargaan dan Tanda Kehormatan Karyalancana Karya Satya dari Presiden RI yang sudah mengabdi 10 dan 20 tahun. (Yoes/hR)