Terapkan Aplikasi EDM dan E-RKAM, Kemenag Gelar Bimtek

Foto : Tim Inti Madrasah (TIM) Batch 6 dan 7 saat mengikuti acara Pembukaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM, Senin (4/1/2021) di Aula MAN 2 Aceh Utara. (hR/Istimewa)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Berbagai akses input data siswa dan lembaga Madrasah dilakukan melalui aplikasi EMIS. Sedangkan, untuk data pendidik dan tenaga kependidikan melalui aplikasi SIMPATIKA.

Kini, masalah keuangan pun ikut menggunakan fitur online melalui Elektronik-Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (e-RKAM), yaitu sebuah sistem informasi untuk mengelola anggaran pendapatan dan belanja Madrasah.

Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan e-RKAM bagi Tim Inti Madrasah (TIIM) Se-Kabupaten Aceh Utara, terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) berlangsung di Aula MAN 2 Aceh Utara, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Utara, H. Salamina, MA, Senin (4/1).

Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA Sedang Menyampaikan Sambutannya Pada Kegiatan Bimtek EDM Dan e-RKAM, Di MAN 2 Aceh Utara.

Dalam sambutannya, H. Salamina memberi motivasi dan mengingatkan, bahwa Bimtek ini penting, karena ke depan pengelolaan dana BOS atau anggaran di Madrasah akan berbasis teknologi dan aplikasi. Oleh karenanya, dibutuhkan tenaga yang kompeten dan mampu untuk melaksanakannya.

Kegiatan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM ini diselenggarakan guna mengevaluasi diri madrasah dalam mengembangkan mutu lembaga pendidikan serta mengetahui kelemahan dan kendala yang dihadapi dalam lembaga pendidikan Madrasah,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator kegiatan Bimtek, Nilawati, S.Pd kepada haba RAKYAT Online.Com menuturkan, peserta dari setiap Madrasah terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara BOS dan Operator, yang disebut dengan Tim Inti Madrasah (TIM).

Kegiatan Bimtek selama lima hari, mulai tanggal 4 hingga 8 Januari 2021, yang diikuti oleh 28 madrasah, baik MI, MTs maupun MA. yang tergabung dalam Batch 6 dan 7”, sebutnya.

Dikatakan, inti materi disajikan oleh Fasilitator dari Tim Inti Kabupaten (TIK) Aceh Utara, yaitu Zulkarnain, S.Pd.I, MA, Aiyub, S.Ag, MA, Fachrurrazi, M.Pd dan Normala, S.Hi, MM, sebut Nilawati yang juga Staf Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara.

Selain menggunakan aplikasi EDM dan e-RKAM, para peserta juga berkalaborasi dengan sistem Google Meet melalui Class Room dengan akun edukasi yang telah disediakan untuk masing-masing peserta”, pungkasnya. (Yoes/hR)