Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Gampong Tangan-Tangan Cut Resmikan Tiga Unit Ruko

Foto : Camat Setia Raifin S.Pd di dampingi Keuchik Tangan-Tangan Cut Ikhsan dan aparatur gampong lainnya, saat pemotongan pita pada kegiatan peresmian 3 (tiga) unit ruko, Kamis (7/1/2021). (hR/MS)

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Desa Tangan-Tangan Cut, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) resmikan 3 (Tiga) unit Ruko untuk pemberdayaan masyarakat yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), Kamis, (7/1).

Keuchik Desa Tangan-Tangan Cut, Ikhsan mengatakan, ini adalah satu aset Desa Tangan-Tangan Cut yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang selama ini kita terima tiap tahun dari pemerintah, dari sekian tahun kita bekerja inilah hasil yang sudah kita capai dan semoga BUMG dapat bekerja dan menjalankan tugasnya dengan fungsinya semaksimal mungkin dengan baik.

Tiga unit ruko ini dibangun dari DD tahun 2018-2019, yang nantinya akan dikelola oleh BUMG untuk pemberdayaan masyarakat dan mensejahterakan masyarakat Desa tersebut. Ruko ini akan disewakan kepada masyarakat sebesar Rp. 4 (Empat Juta Rupiah) pertahunnya untuk satu unit ruko, jadi untuk tahun 2021 kita sudah memiliki aset desa sebesar Rp. 12 (Dua Belas Juta Rupiah) dari hasil sewa ketiga unit ruko tersebut,” Sebutnya.

Dikatakan, program kita kedepan ini yang belum tuntas adalah membangun sebuah pasar desa, guna dan manfaat pasar desa itu sendiri iyalah untuk masyarakat yang ingin menjual ikan ataupun sayur-sayuran sudah mempunyai tempat, jadi dari hasil pasar tersebut juga akan menambah penghasilan untuk BUMG.

Kemudian ruko ini nantinya akan dibangun tingkat dua, dimana disitu terdapat sebuah Cafe ataupun kantin dan juga kantor BUMG, itu adalah harapan aparatur Desa Tangan-Tangan Cut dan juga masyarakat semua.

Saya sangat berterima kasih kepada semua aparatur desa Tangan-Tangan Cut, pendamping desa dan juga Camat yang telah mendukung program pembangun di desa ini. Siapapun yang menjadi pemimpin kedepan kita berharap agar bisa melanjutkan pembangunan Ruko dan komplek pasar yang saat ini belum seratus persen selesai,” ujar Keuchik Ikhsan.

Camat Setia, Raifin S.Pd dalam sambutannya dan juga sekaligus meresmikan tiga unit Ruko tersebut menyebutkan, “ini adalah suatu kebanggaan bagi kita semua yang bahwasanya sudah memiliki aset dan siapapun pengganti pemimpin kedepannya yang baik itu harus di contoh, ini regenerasi yang sampai kapanpun akan menjadi aset desa yang dipergunakan untuk masyarakat desa Tangan-Tangan Cut”.

Jadi, “saya berharap kepada masyarakat semua, inilah aset kita mari sama-sama kita jaga, dan kita pergunakan dengan sebaik mungkin untuk membuat desa ini semakin berkembang dan menjadi teladan, semoga ini jadi contoh untuk desa-desa yang lainnya,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ishak, Ketua Tuha Peut Desa Tangan-Tangan Cut kepada Media menuturkan, “saya sangat berterima kasih dan berharap BUMG ini dapat memberikan peluang kepada anak-anak muda desa Tangan-Tangan Cut sebagai tempat berkreatifitas sesuai dengan keahliannya masing-masing.”

Harapan kita agar bisa membuka peluang kerja atau dapat menampung tenaga kerja, semoga kedepan Desa Tangan-Tangan Cut akan lebih baik dari semua sesi kehidupan masyarakat sehingga tercapai maksud dan tujuannya dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan menjadikan lembaga BUMG ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya,” Singkatnya.

Pantauan awak media, pada kegiatan peresmian ruko tersebut juga dihadiri oleh, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Danposmil, Imum Syik, Aparatur Desa, dan Masyarakat lainnya. (hR/MS)