Dilalap Sijago Merah, Sebuah Kilang Padi di Pidie Tinggal Puing

Sigli, haba RAKYAT |

Musibah kebakaran kembali terjadi pada Minggu (07/02/2021) sekira pukul 02.10 WIB dini hari, menghanguskan sebuah kilang padi milik H. Rusli di Gampong Bluek Wakhuek,Indra Jaya, Pidie, Prov. Aceh Informasi ini diperoleh Media haba RAKYAT dari Kabid Kesiap Siagaan dan Damkar, BPBD Pidie, Mukhlis, S.Sos.

Dalam laporannya menyebutkan, kebakaran disebabkan konsleting listrik yang menyambar atap pabrik, hal ini diketahui dari seorang pekerja pabrik, Mulkan yang memberitahu kepihaknya ihwal kebakaran tersebut, setelah Ia melihat api dari bagian atap pabrik, sebutnya.

Mulkan melapokan, saat kebakaran itu sedang tidur disebuah gubuk dalam kawasan pabrik, namun ia terjaga dan melihat api dari atap pabrik. Api semakin membesar, Mulkan langsung saja meminta pertolongan kepada Keuchik setempat dan petugas pemadam.

Begitu mendapat laporan, pihak Bidang Kesiap Siagaan dan Damkar, BPBD Pidie, bergegas mengerahkan tiga unit armada damkar dari Pos WMK Mutiara Timur dan Regu B Pos Sigli ke TKP.

Sekira pukul 05.10 WIB subuh, setelah berjibaku, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api.

Dalam laporan ia juga menyebutkan, taksiran kerugian dari musibah ini mencapai 1,5 milyar, berupa satu unit kilang padi serta mesin kilang padi, beras 36 sak (1080 kg), gabah 15 ton, tiga unit timbangan dan satu unit mobil merk kijang.

Dilihat dari vidio dan foto kejadian yang dikirim bersama laporan, saat api sedang dipadamkan oleh petugas, tampak warga berjubel di tkp, juga petugas Polsek serta Koramil setempat ikut mengamankan lokasi.

Secara visual juga memperlihatkan puing-puing kilang padi setelah api berhasil dipadamkan dengan susah payah oleh petugas pemadam dari Bid.Kesiap Siagaan dan Damkar,BPBD Pidie. (AA/hR)