Polsek Birem Bayeun Berhasil Sergap Bandar Narkotika

Aceh Timur – haba RAKYAT |

Seorang warga Dusun Tani Jaya, Desa Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur berinisial IL (38) berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Birem Bayeun, Senin (08/02/2021).

Keberhasilan ini berkat laporan masyarakat
gampong setempat yang melihat dirumah pelaku sering terlihat transaksi Narkotika.

Sementara itu Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Birem Bayeun, Iptu Eko Hadianto, SE, MH mengatakan, saat penangkapan petugas, polisi berhasil mengamankan barang bukti dua paket sabu ukuran besar seberat 125,11 gram, delapan paket sabu yang dibungkus plastik tembus pandang berat keseluruhannya 0,81 gram, satu paket sabu seberat 0,07 gram, HP dan 1 unit sepedamotor Suzuki Thunder.

Dikatakan, ditangkapnya tersangka IL berdasarkan informasi dari masyarakat kepada Kapolsek Birem Bayeun, bahwa di Desa Bayeun sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu pada sore hari.

Mendengar informasi tersebut anggota Reskrim Polsek Birem Bayeun mengumpulkan informasi, lalu kemudian sekira jam 16:30 WIB anggota langsung melakukan penyelidikan di lokasi yang sesuai informasi warga.

Saat itu mulai terlihat bahwa laki-laki pengedar sabu-sabu itu mengendarai sepedamotor Suzuki Thunder warna biru dengan knalpot blong,”kata polisi.

Tak lama kemudian sekira pukul 17:30 WIB anggota Reskrim melihat orang yang diinformasikan sering edarkan sabu tersebut melintas.

Lalu anggota polisi langsung melakukan pengejaran dan saat itu anggota menyuruh pelaku untuk berhenti,namun pelaku tersebut tidak mau berhenti.

Sehingga anggota melakukan pengejaran hingga akhirnya pelaku tertangkap di rawa-rawa di Desa Meurebou Dua, Kec. Birem Bayeun yang saat itu tidak ditemukan barang bukti dari pelaku.

Lebih lanjut polisi menjelaskan,anggota melakukan introgasi terhadap pelaku yang saat itu pelaku mengaku bahwa sabunya disimpan di rumahnya di Birem Rayeuk.

Setelah tersangka mengaku,anggota dan pelaku langsung menuju ke rumah,lalu polisi melakukan penggeledahan dan menemukan barang bukti sabu beberapa paket.

Sewaktu ditanyai, pelaku mengaku barang bukti tersebut didapat dari laki-laki yang bernama LEM (nama panggilan) (DPO) di Aceh Utara.

Kemudian anggota menyuruh pelaku untuk menghubungi LEM tersebut, namun teleponnya tidak aktif.

Pelaku beserta barang bukti kini dibawa ke Mapolsek Birem Bayeun untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya,” kata polisi. (Jim/hR)