Warga Tuding Camat Madat Lantik TPG Siluman Untuk Gampong Tanjong Minjei

TPG Gampong Tanjong Minjei bersama beberapa warga setempat ketika memberikan keterangan kepada media ini terkait pelantikan TPG Gampong setempat. Senin, malam (22/02/photo/dok/hR)

Aceh Timur, haba RAKYAT |

Beberapa warga Gampong Tanjong Minjei Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur menduga Camat Madat telah melantik TPG (Tuhapuet) siluman untuk Gampong tersebut pada, Senin 22 Februari 2021, di Aula kantor Camat setempat.

Mukhtar Usman yang akrab disapa Geuchik Adek mantan Keuchik Gampong Tanjong Minjei 2 periode menyebutkan bahwa, “Masalah pelantikan Tuha Peut yang baru untuk Gampong Tanjong Minje bukan itu jurusan. Tapi kebetulan saya sedang membahas itu juga, datanglah Tuha Peut, mereka juga membahas tentang hal itu, hingga sudah menyatu, saya tidak ada kepentingan dalam ranah Tuha Peut. Tetapi besok saya akan membuat laporan resmi kepada inspektorat kinerja pemerintah Gampong Tanjong Minjei. Menurut saya, dia sudah tidak layak lagi menjadi seorang Keuchik dan saya siap bertanggung jawab. Dan jika ditanyakan kepada saya masalah pelantikan Tuha Peut tadi pagi, itu TUHA PEUT Siluman,” ungkap Geuchik Adek didepan warga setempat, seraya menjelaskan selaku masyarakat dirinya juga berhak mengetahui tentang siapa Tuha Peut Tanjong Minjei secara resmi.

Idris Abdullah Ketua TPG Tanjong Minje didampingi Saiful anggota TPG gampong tersebut juga mengaku tidak mengetahui tentang adanya pelantikan TPG yang baru.
“Saya heran, pelantikan TPG Tanjong Minje dilakukan oleh Camat Madat. Padahal saya sebagai Ketua TPG Tanjong Minje belum pernah menerima surat PAW, dan SK TPG Tanjong Minjei masih aktif dan berlaku hingga Tahun 2024,” kata Idris Abdullah saat di jumpai media ini, Senin, (22/02) malam.

Idris juga menjelaskan bahwa, ada 4 orang anggota Tuhapeut Tanjong Minjei periode 2021-2024 yang telah mengundurkan diri.
“Dalam SK TPG Tanjong Minje berdasarkan SK Bupati Aceh Timur Nomor 149/30/PEM/2018. Tentang Pengesahan TUHA PEUT Gampong Tanjong Minje, Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur Periode 2018-2024. Disebutkan nama nama TPG Gampong Tanjong Minje diantaranya :

1, Idris Abdul Ketua TPG, masih aktif
2,  Amir, S.IP  Wakil Ketua, mengundurkan diri. 3, H, Saiful, A.Md Sekrektaris masih aktif. 4,  Syaril, S.IP anggota mengundurkan diri. 5,  Drs.Khairil anggota mengundurkan diri. 6, M, Aji  anggota mengundurkan diri.
7,  Suryani, S anggota masih aktif.

Dalam SK tersebut juga diterangkan jumlah anggota Tuha Peut tersebut sebanyak 7 orang, dan sekarang harus disesuaikan dengan Tipe Gampong sesuai Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4Tahun 2018. Yaitu : Tipe Gampong A, TPG sebanyak 9 org. Tipe Gampong B TPG sebanyak 7 orang. Tipe Gampong C sebanyak 5 orang.“Gampong Tanjong Minjei adalah Tipe C. Maka sesuai Qanun tersebut TPG sebanyak 5 orang” ucap Idris.

Padahal sebelumnya, lanjut idris.
Camat Madat pada tanggal 02 Mei 2020, telah membuat dan mengirim surat Pergantian Antar Waktu (PAW) Tuha Peut Gampong Tanjong Minje, ditujukan kepada Imum Mukim Bintah. Nomor 632/141/2020.

Yang berbunyi: Sesuai dengan hasil pemeriksaan kasus oleh Inspektorat Kabupaten Aceh Timur terhadap Gampong Tanjong Minjei Nomor 36/ITAB – LHPK/2020. Tanggal 8 April 2020, dengan mendapat temuan antara lain, tentang pengunduran 4 orang Tuha Peut Gampong Tanjong Minje Kabupaten Aceh Timur.

Maka untuk menindak lanjuti tentang pengunduran diri Tuha Peut Gampong Tanjong Minjei. “Kami perintahkan kepada Imum Mukim Bintah untuk segera memfasilitasi PAW Tuha Peut Tanjong Minjei Kecamatan Madat Kab, Aceh Timur dengan jumlah anggota yang harus diganti sebanyak 2 (dua) orang. Disesuaikan dengan Tipe Gampong Tanjing Minjei yaitu tipe C dengan jumlah TPG sebanyak 5 orang.

“Tapi kenapa Camat Madat melalui Kasi Pemerintahan melakukan peremajaan terhadap Tuha Peut Tanjong Minjei, dan pada saat pelantikan TPG yang baru juga tanpa ada pemberitahuan kepada pihaknya, bahkan aparatur gampong juga tidak hadir pada kegiatan pelantikan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Madat Muchtaruddin, SE saat dikonfirmasi media haba RAKYAT  melalui whatshAp nya menjawab dengan 2 gambar screnshot bertuliskan tentang permasalahan pemilhan Keuchik Tanjong Minjei beberapa waktu yang lalu dan dikirimkan kepada wartawan media ini.

Sedangkan kepada media BeritaAcehpoe.net di jelaskan bahwa pihaknya telah menerima SK pengangkatan TPG baru dan pemberhentian TPG lama Desa Tanjong Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur.

“Dalam SK yang disampaikan kepada kami, sudah ada SK pengangkatan TPG baru, dan pemberhentian TPG lama” sebut Camat Madat seperti yang telah dilansir BeritaAcehPoe.net sebelum nya.

Namun, Camat Madat tidak menjelaskan tentang penyampaian surat pemberhentian kepada TPG yang lama dan siapakah yang telah mengeluarkan SK pengangkatan TPG Tanjong Minjei yang baru. (red/tim).