Pengurus Balai PWI Bener Meriah DilantiK, Tarmilin : Jangan Takut Terhadap Wartawan

Bener Meriah, haba RAKYAT |

Dihadiri Bupati Tgk. H. Abuya Syarkawi dan Wakil Bupati Dailami, sejumlah wartawan di Kabupaten Bener Meriah resmi dilantik sebagai pengurus Balai PWI Bener Meriah. Pelantikan pengurus periode 2021 – 2024 secara resmi dilakukan di Mes Pemda Bener Meriah oleh Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, Kamis 1 April 2021.

Tarmilin Usman yaang hadir di sana bersama pengurus PWI Aceh dan Ketua IKWI Aceh, dalam sambutanya usai melantik pengurus balai PWI setempat serta menyerahkan bendera PWI kepada pengurus, dihadapan Bupati dan Wakil Bupati beserta unsur Forkopimda yang hadir, menyatakan seluruh pengurus balai PWI Bener Meriah adalah wartawan lulus kompetensi.

“Alhamdulillah Pak Bupati, seluruh pengurus sudah kompetensi. Tapi saya masih melihat ada beberapa wartawan di Bener Meriah belum mengikuti uji kompetensi, kita berharap perhatian pemerintah dan kita semua agar kepada kawan kawan wartawan yang tidak tergabung di PWI, nanti dibantu oleh pemerintah dalam peningkatan kompetensinya,” ujar Tarmilin.

Selanjutnya Ketua PWI Aceh dihadapan undangan menekankan, tugas jurnalis salah satunya sebagai kontrol sosial dan mitra kerja pemerintah dalam membangun daerah, ada tindakan tegas jika berprilaku menyimpang diluar kode etik dan undang undang pers.

“Bapak bapak dan ibu sekalian jangan takut terhadap wartawan, karena wartawan juga manusia. Wartawan itu lakukan tugas juga diatur oleh undang undang, gak boleh dia melanggar sesuka hati dari koridor sudah ditentukan. Salah satu tugas jurnalis adalah sebagai kontrol sosial pemerintah dalam membangun daerah, siapapun boleh komplain dan melakukan hak jawab di publik dan wartawan wajib menjunjung kode etik.”

Ujar Tarmilin seraya menambahkan jika ada wartawan dari Balai PWI yang berupaya serta ada niat menghancurkan Bener Meriah, maka dirinya akan menindak tegas wartawan tersebut. Lebih jauh dirinya mengingatkan kepada seluruh wartawan, sebagai mitra dapat memberikan kritikan yang bersifat membangun dan tidak tendensius.

Dikesempatan ini juga Tarmilin tak luput sampaikan ucapan terimakasihnya kepada Khalisuddin, sebagai pengurus Balai PWI Bener Meriah periode sebelumnya dengan segala dedikasi serta kinerja yang telah dilakukan dalam membesarkan PWI di kabupaten tersebut.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Dailami, dalam sambutanya saat itu dihadapan Bupati Abuya Sarkawi. Dailami menerangkan sejauh ini pemerintah kabupaten setempat telah berencana pembangunan gedung Balai PWI di Bener Meriah.

“Sebenarnya pemerintah Bener Meriah melalui hibah telah berencana membangun gedung PWI, namun karena adanya refocusing anggaran akibat Covid 19, maka kita undur dan direncanakan akan dibangun tahun depan,” tegas Dailami yang telah memberikan ucapan selamat kepada formasi pengurus Balai PWI di Bener Meriah.

Dari catatan wartawan, selain Bupati dan Wakil Bupati acara ini turut dihadiri Forkopimda, Kepala Perkantoran dan sejumlah tokoh politik di kabupaten itu, bahkan Wakil Ketua DPR Aceh Hendra Budian turut hadir memeriahkan acara pelantikan, dihadiri pula oleh berbagai perwakilan LSM dan Ormas serta wartawan yang tergabung di organisasi lainya dan Ketua PWI Aceh Tengah Jurnalisa didampingi pengurus.

Berikut nama nama wartawan yang telah dilantik berdasarkan Surat Keputusan PWI Aceh bernomor 79.PWI-Aceh tentang pengukuhan pengurus Balai PWI Kabupaten Bener Meriah masa bakti 2021 -2024 : Penasehat Khalisuddin (lintasgayo.co), Ketua Mashuri (Harian Rakyat Aceh), Sekretaris Yusrady (MNC Group), Bendahara Syamsuddin / Gona (acehimage.co), Pokja Koordinasi Hukum dan Advokasi Budi Patria (Harian Serambi Indonesia), Pokja Kesejahteraan Abdurahman (beritamerdekaonline.com), Pokja Seni Budaya dan Pariwisata Eri Tanara (beritakini.co) dan Poja Kesekretariatan Chairunisa (beritamerdeka.net). (R-WIN)

Berita ini telah di edit dengan penambahan nama nama wartawan serta perusahaan/media yang tercatat dalam struktur kepengurusan Balai PWI Kabupaten Bener Meriah, dengan demikian berita telah diperbarui (Red).