Semangat Anak-anak Gampong Blang Menghafal Qur’an di Bulan Ramadhan

(Dok. Foto : Ilustrasi)

Oleh : Alya Nadasyifa dan Halimatun Syakdiah. M.

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan suci yang terdapat dalam kalender islam dan juga bulan ramadhan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam diseluruh dunia. Dimana pada bulan ini seluruh umat islam didunia ini melaksanakan salah satu kewajibannya dan menjadi salah satu perintah dari Allah dan Umat Nabi Muhammad ﷺ yang wajib untuk ditaati yaitu berpuasa.

Pada bulan ramadhan banyak sekali amal ibadah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dan juga menambah ketakwaan kita kepada Allahta’ala. Pada bulan ini juga menjadi bulan diturunkannya Al-quran. Ada terdapat banyak sekali keutamaan dalam bulan ramadhan ini, salah satunya yaitu menjadi salah satu bulan yang mana doa hambanya dikabulkan dan dosa-dosa diampuni, selain itu pada bulan ini pintu surga di buka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup.

Pada bulan ramadhan ini juga segala amal ibadah yang lakukan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang berlimpah sekecil apapun itu amal ibadahnya. Salah satu amal ibadah yang berpahala besar yaitu membaca dan menghafal Al-quran.

Al-quran adalah sebuah kitab yang Allah ta’ala turunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui perantara malaikat Jibril yang didalamnya terdapat banyak sekali perintah Allah untuk umat islam diseluruh dunia. Al-quran menjadi satu-satunya kitab suci umat islam yang apabila dibaca mendapatkan pahala. Bukan hanya membacanya saja, saat mendengar orang lain membaca al-quran pun juga mendapatkan pahala. Selain itu juga, Al-quran merupakan pedoman bagi Umat Islam di seluruh dunia.

Al-quran diturunkan dalam bahasa arab yang gunanya agar memudahkan Rasulullah ﷺ dalam menyebarkan ajaran agama islam dan memudahkan Rasulullah untuk mengajarkan kepada seluruh umat islam. Firman Allah ta’ala tentang ini terdapat disalah satu ayat yaitu Q.S Ta-Ha ayat 113 yang artinya : “Dan demikianlah Kami telah menurunkan Al-quran sebagai bacaan dalam bahasa Arab, dan kami telah terangkan di dalamnya berbagai-bagai amaran supaya mereka (umat manusia seluruhnya) bertaqwa, atau mereka mendapatkan daripadanya sesuatu peringatan dari faedah mereka.

Didalam al-quran berisikan tentang permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari masalah yang kecil seperti perintah untuk menutup aurat hingga permasalahan besar seperti tentang permasalahan hutang piutang. Selain itu, Al-quran juga memiliki banyak keutamaan diantaranya dengan membacanya dapat memperoleh pahala yang banyak, memberikan syafaat pada hari kiamat, dan masih banyak lagi.

Membaca al-quran selama bulan puasa juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di Gampong Blang, Kota Langsa. Tidak hanya membaca al-quran, tetapi di Gampong Blang sendiri juga melakukan kegiatan menghafal al-quran dilaksanakan selama bulan puasa, lebih tepatnya dilakukan setelah solat Ashar selama 1 jam.

Kegiatan yang dipimpin oleh Tengku Muhammad Yusuf dan ibu Ainun Mardiah ini, disambut hangat oleh anak-anak di Gampong Blang. Mereka dengan semangat luar biasa mau membantu untuk mensukseskan program ini, selama kurang lebih 23 hari dibulan ramadhan. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat dan berpahala besar, tetapi membantu anak-anak Gampong Blang untuk mengisi waktu luang, sambil menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Kegiatan diberi tema “Gema Ramadhan Cinta Al-quran” ini, telah diadakan sejak 3 tahun yang lalu dan sekarang memasuki tahun ke 4. Kegiatan menghafal ini di ikuti oleh anak-anak mulai dari anak yang masih SD hingga SMP. Saat menjelang akhir kegiatan menghafal al-quran, akan diadakan perlombaan kecil-kecilan yang bertujuan agar kedepannya anank-anak bisa lebih bersemangat lagi dan lebih banyak lagi dalam menghafal al-quran.

Tengku Muhammad Yusuf selaku panitia penyelenggara mengatakan “Kegiatan Gema Ramadhan Cinta Al-quran ini sudah dibuat sejak 3 tahun yang lalu setiap ramadhan. Dan tahun ini adalah tahun yang ke 4 di selenggarakannya acara ini, kegiatannya sendiri hanya menghafal al-quran mulai dari jus Amma untuk anak SD sampai dengan menghafal al-quran semampunya. Pokoknya siapa yang terbanyak menghafalnya dia yang menjadi juaranya. Juaranya sendiri dari juara 1 sampai juara 3 dan harapan 1sampai harapan 3 tergantung berapa orang yang ikut acara ini”.

Tengku Muhamad Yusuf berharap dengan di selenggarakanya kegiatan ini, bisa membuat anak-anak di Gampong Blang menjadi lebih dekat dengan Al-quran dan juga dapat menambah keimanan dengan manghafal al-quran. Selain itu, Tengku Muhammad Yusuf juga menyampaikan semoga dengan di adakannya acara ini bisa menjadi wadah agar anak-anak di Gampong Blang menjadi anak-anak yang selalu menjadikan al-quran sebagai bacaan yang berpahala.

(Penulis : Alya Nadasyifa dan Halimatun Syakdiah. M, Mahasiswi IAIN Langsa. KPM Tematik tahun 2021 Gampong Blang, Kota Langsa).