Tiga Bandar Narkoba Ditangkap di Gampong Kapa

Langsa, haba RAKYAT |

Personil Sat Resnarkoba Polres Langsa menangkap tiga orang bandar Narkoba di Gampong Kapa, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa pada Selasa 20 April 2021. Dari tiga pengedar tersebut, polisi mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 1 Kilogram lebih (1.037 gram). 

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021) mengatakan, kasus peredaran narkotika jenis Sabu-sabu tersebut terungkap atas informasi dari masyarakat yang menyebutkan akan ada transaksi jual beli narkotika jenis sabu dalam jumlah besar di daerah Kota Langsa.

 Atas informasi tersebut kata Kapolres, anggota Sat Resnarkoba Polres Langsa yang di pimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba, Iptu Imam Aziz Rachman melakukan penyelidikan. Hasilnya ditemukan sebuah rumah yang diduga akan dijadikan sebagai tempat transaksi jual beli narkotika tersebut di Gampong Kapa.

“Tanpa buang-buang waktu petugas langsung menggerebek rumah dimaksud dan di dalamnya diamankan tiga orang tersangka serta barang bukti satu paket sabu seberat 1.037 gram yang disembunyikan di belakang rumah,” ujar Kapolres. 

Tiga tersangka yang diamankan masing-masing berinisial AB (43) warga Dusun Samudra Gampong Kapa, MU (34) warga Dusun Kuta, Desa Pahlawan l, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang dan AD (37) warga Gampong Sungai Pauh, Langsa.

 Menurut Kapolres, tersangka AB berperan sebagai penyedia tempat, sementara MU dan AD berperan sebagai perantara atau penghubung yaitu untuk mencari sabu. “Berdasarkan pengakuan tersangka MU dan tersangka AD barang haram tersebut diperoleh dari seorang laki-laki yang berinisial AP yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Menurut pengakuan tersangka, rencananya sabu tersebut akan dijualkan kembali kepada seorang laki-laki yang berinisial AM (DPO) dengan harga Rp. 340.000.000,” sebut Kapolres. 

Mendapat pengakuan tersebut, lanjut beliau, Kasat Resnarkoba dan anggotanya langsung melakukan pengembangan untuk mencari keberadaan AP (DPO) dan AM (DPO) tersebut, namun keduanya masih belum berhasil ditemukan. 

Selain 1.037 gram sabu, petugas juga mengamankan tiga buah handphone dan satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna hitam BL 4310 FAE dari tiga tersangka.

“Akibat perbuatannya tiga tersangka dikenakan Pasal 112 ayat (2) Subs Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana penjara maksimal 20 tahun kurungan,” ungkap Kapolres. (Sayid Muhammad)