Babinsa Putri Betung Bantu Atur Lalu Lintas Jalan yang Tertimbun Longsor

Gayo Lues, haba RAKYAT |

Akibat hujan terus menerus, bekas longsor yang pernah terjadi sebelumnya tetap mengalami longsor susulan.

Babinsa Posramil Putri Betung beserta Babinkamtibmas ikut serta dalam mengatur Lalu Lintas akibat Bencana Alam Tanah Longsor yang menutup akses jalan Di Dusun Tetumpun Desa Pungke Jaya Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues yang menghubungkan Lalu Lintas dengan Kabupaten Aceh Tenggara.

Hal tersebut disampaikan Danposramil Putri Betung Pelda Khalidin, dikatakannya akibat intensitas curah hujan yang tinggi, mengakibatkan tebing sisi jalan mengalami longsor dan berakibat menutupi badan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Gayo Lues dengan Kabupaten Aceh Tenggara tepatnya di Dusun Tetumpun Desa Pungke Jaya Kecamatan Putri Betung.

Akibat longsoran yang menutupi jalan, akses warga jadi terhambat, saya memerintahkan Babinsa Posramil Putri Betung untuk mengatasi kendala yang dihadapi warga, agar aktivitas warga dapat kembali berjalan seperti sedia kala.

Lebih lanjut dikatakan, dengan kondisi cuaca saat ini yang masih sering mengalami hujan deras dengan intensitas sedang sampai tinggi sangat berpotensi terjadinya longsor dikarenakan banyak wilayah perbukitan dan pegunungan di Kecamatan Putri Betung.

Kondisi geografis di daerah tesebut kebanyakan wilayah perbukitan dan pegunungan hampir rata-rata desa-desa nya berada di bawah pegunungan, jadi potensi kerawanan longsor sangat memungkinkan terjadi. Untuk itu saya selalu menyampaikan ke para Babinsa untuk terus memantau kondisi pada saat cuaca hujan.

Sementara itu Babinsa Putri Betung Desa Pungke Jaya Serma Nopriadi B Sirait juga mengatakan cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat.

Menurut Babinsa Desa Pungke Jaya Longsor tersebut memang sudah menjadi Langganan disetiap musim Hujan dan hingga saat ini tidak ada mengakibatkan korban Jiwa.

Longsor terserbut terkandala dengan Operator Alat Berat yang berada jauh dari Lokasi Longsor di Di Dusun Tetumpun hingga membutuhkan waktu yg lama hingga operator tersebut tiba.

Menurut Babinsa Pungke Jaya Serma Nopriadi B Sirait kegiatan pengaman dan pengaturan Lalu Lintas tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tentu saja dengan kehadiran anggota TNI membuat warga yang akan melintasi Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara dapat berjalan dengan lancar serta Petugas Alat Berat dapat bekerja dengan Cepat untuk membersihkan Jalan yang tertutup Longsor.

“Kami Posramil Putri Betung akan terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi wilayah Kecamatan Putri Betung,” katanya. (Hendri)