Nyalakan Petasan, Tiga Rumah Warga Kb.Tanjong-Pidie Terbakar

Sigli, haba RAKYAT |

Dilaporkan tiga rumah warga Rheung-Rheung, Kembang Tanjong, Pidie, Provinsi Aceh, terbakar, bahkan salah satu dari rumah tadi ludes alias rata dengan tanah. Kejadian ini pada Senin (17/05/2021), sekira pukul 09.40 Wib, pagi.

Dari keterangan Kabid Kesiap Siagaan dan Damkar, BPBD Pidie, Mukhlis, S.Sos, tiga unit rumah yang terbakar tersebut yaitu, milik Ainsyah Usman (63), dengan tingkat kebakaran 100 persen, milik Jauhari Usman (59), tingkat kebakaran 25 persen, dan milik Azhari (43), dengan tingkat kebakaran 10 persen.

“Mendapat laporan masyarakat, kita segera mengerahkan 4 unit armada Damkar ke TKP, sekira pukul 10.45 Wib, petugas kita berhasil memadamkan api,” jelas Mukhlis.

Terangnya lagi, kejadian berawal dari percikan api petasan yang dibakar oleh menantu pemilik rumah (Ainsyah), kemudian terjatuh diatas atap rumah berkonstruksi papan yang terbuat dari daun rumbia, dan terjadilah kebakaran.

Api kemudian membesar dan merembes kerumah-rumah yang bersebelahan dengan rumah Ainsyah, tetapi kedua unit rumah semi permanen ini masih bisa terselamatkan.

“Saat kejadian,di rumah Ainsyah sedang berlangsung acara hajatan turun tanah cucunya,” ungkapnya.

“Selain tiga unit rumah, kerugian material akibat kebakaran juga menghanguskan Emas sejumlah 15 manyam, uang kontan Rp1 juta, satu unit TV, satu unit Kulkas, satu unit Mesin Jahit, dan 450 kg Padi, dengan taksiran kerugian sekitar Rp200 juta”, sebut Mukhkis.

“Dalam kebakaran tersebut, enam jiwa dari dua KK terpaksa harus mengungsi, namun tidak ada korban jiwa dari insiden ini”, sebut Kabid Kesiap Siagaan dan Damkar, BPBD Pidie. (AA/hR)