Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Pidie Buka Pendaftaran Balon Ketua Periode 2021-2025

Pelaksanaan Rapat Panitia dengan Klub, untuk Pendaftaran Balon Ketua AFK Pidie Periode 2021 – 2025. (Dok. Foto : AA)

Sigli, haba RAKYAT |

Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Pidie, hari ini, Selasa (01/06/2021) membuka pendaftaran bagi Bakal Calon (Balon) Ketua, untuk periode 2021-2025.

Pembukaan pendaftaran Balon Ketua, mulai 01 Juni dari pukul 08.00 wib hingga 03 Juni 2021 sampai pukul 13.00 wib, dan pendaftaran ini bertempat di Sekretariat Panitia Pelaksana Kongres I AFK Pidie, Kantor Askab PSSI Pidie.

Ketua Komite Pemilihan, Rizwan Abbas, Senin (31/05/2021) malam mengatakan, ada beberapa kriteria balon, yaitu warga negara Indonesia, berdomisili di Kabupaten Pidie, mempunyai Kompetensi atau wawasan dalam olah raga Futsal, pernah aktif dalam Cabor, sudah berusia mininal 25 tahun, serta ber ijazah SMA atau sederajat.

Kemudian jelasnya lagi, pendaftaran dilakukan dengan membawa syarat-syarat, mengisi formulir permohonan yang disediakan Panitia bermaterai Rp10000, melampirkan Copy KTP dan Ijazah terakhir, melampirkan Curriculum Vitae (CV) bermaterai Rp10000, yang ditempel 1 lembar foto warna 3×4 disudut kiri atas, SKCK dari Kepolisian dan keterangan berbadan sehat dari dokter.

“Selain itu, ada lagi syarat yang wajib dipenuhi Balon, mereka harus didukung oleh 5 (lima) klub Futsal yang terdafdar pada AFK Pidie. Komite Pemilihan hanya menerima 5 (lima) surat dukungan klub yang ditandatangi oleh Ketua dan Sekretaris Klub, diatas Kop Surat bermaterai,” jelas Rizwan.

Klub hanya boleh memberikan dukungan kepada satu Balon, tidak boleh mengeluarkan dukungan ganda, Rizwan Abbas yang didampingi Sekretaris Komite Pemilihan, M.Jafar Said,mengingatkan.

“Para Balon juga harus bersedia memenuhi keputusan Panitia Kongres I AFK Pidie tentang pembiayaan Kongres nantinya. Seterusnya, setelah semua lengkap, berkas permohonan bersama lampiran dimasukkan kadalam satu amplop standar dan disampaikan kepada Komite Pemilihan melalui Panitia Pelaksana Kongres I AFK Pidie,” terang Rizwan.

“Jadi setelah penutupan pendaftaran Balon Ketua, Kamis (03/06/2021) sampai pukul 13.00 wib, pada hari itu juga (Kamis) mulai pukul 14.00 wib, Komite Pemilihan akan melakukan Verifikasi berkas permohonan Balon. Untuk Balon disediakan masa sanggah (bila ada) 04 Juni, nantinya ditujukan kepada Komite Banding Pemilihan melalui Panitia Pelaksana Kongres.

Penetapan Balon Ketua menjadi Calon Ketua, dilakukan pada 05 Juni, dan pada 06 Juni 2021, didakan Kongres I AFK Pidie untuk pemilihan Ketua AFK Pidie periode 2021-2025,” sebut Rizwan.

Singkatnya waktu tahapan Kongres I AFK Pidie, menurut Rizwan disebabkan bererapa kendala, termasuk masalah Anggaran Pelaksanaannya, jadi sebelumnya juga dibahas tentang anggaran dalam rapat teknis tahapan Kongres, dan Sosialisasi kepada Klub anggota AFK Pidie, bersama pemegang Mandat Ketua AFK Pidie, Al Hadi A.Gani, demikian keterangan Rizwan Abbas. (AA/hR)