BAITUL MAL LANGSA JUJUR DAN TERPERCAYA “DAN PENTINGNYA PERAN ZAKAT SEBAGAI PENGENTAS KEMISKINAN”

Laporan : Sayed Muhammad.

Baitul Mal Langsa jujur dan terpercaya dan pentingnya peran zakat sebagai pengentas kemiskinan, adalah etos kerja yang menjadi motivasi dan tertanam di seluruh jajaran Baitul mal Kota Langsa.

Dalam pelaksanaan penyerahan bantuan kepada kaum yang membutuhkan, awak media ikut turun melihat langsung kinerja Baitul Mal Kota Langsa, dalam kegiatan membantu warga yang belum memiliki rumah tempat tinggal layak huni, kehadiran Baitul mal di tengah tengah masyarakat sangatlah membantu mereka.

(Foto : Penyaluran bantuan dari Baitulmal, diserahkan oleh Sahrul, kepada warga yang telah mengajukan permohonan bantuan ke Baitul mal Langsa)

Tahun 2021 ini, Baitul mal dengan bekerja sama Pemerintah kota Langsa, sudah banyak berbuat dan menampung permohonan masyarakat, untuk Pembangunan Rumah Layak Huni, pembangunan Mushola dan penyerahan bantuan kepada Anak-anak sekolah yang yatim maupun kurang mampu.

Alhamdulillah berkat adanya Dinas, Badan, Kantor, BUMN /BUMD, sekolah serta Badan swasta Lainya yang telah menyalurkan zakat melalui Baitul Mal kota Langsa, sehingga penyaluran zakat infaq dan sadakah semua pihak tersebut dapat digunakan bagi warga kurang mampu.

Baitul mal kota Langsa yang berkantor di jalan Jend. Ahmad Yani Komplek Cakra Donya Kota Langsa, diketuai oleh Tgk. Alamsyah Abu Bakardin dan didampingi Tgk Syahrel SE yang merupakan Sekretaris pada Kantor Baitul mal Kota Langsa tersebut.

Penyaluran bantuan dari Baitul mal dilakukan tepat sasaran, bagi mereka penerima manfaat bantuan rumah dan bantuan lainya, melalui permohonan yang telah mereka ajukan kepada Kantor Baitul mal.

Kepala Keluarga serta keluarga yang disurvey media ini, sebelum mereka menerima rumah bantuan layak huni, mereka sekeluarga menumpang di rumah tetangga. Dari amatan awak media, bahkan ada juga rumah yang beratap seng bocor dengan dinding papan yang rapuh, sehingga tidak layak untuk dihuni.

(Foto : Keluarga Pane salah satu keluarga penerima manfaat bantuan rumah, mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Baitulmal Langsa, sehubungan dengan bantuan rumah yang telah mereka dapatkan).

Ada juga bantuan bagi warga yang sedang ditimpa musibah akibat rumah milik mereka dilalap sijago Merah (kebakaran), dengan cepat pihak Baitul mal menurunkan anggotanya untuk survey ke tempat sasaran guna membangun rumah kepada mereka.

Tgk alamsyah Abu Bakardin sebagai Kepala Baitul mal berharap kepada penerima Bantuan Rumah, agar dapat menjaga sebaik baiknya dan merawat dari kebersihan dan kenyaman nya.

Ucapan terima kasih pun terus mengalir dari warga, karena impian memiliki rumah layak huni sudah terkabul dengan adanya bantuan dari Baitul mal. Dan itu semua atas kerjasama Baitulmal dengan Pemko Langsa dalam program mengentaskan kemiskinan di wilayah kota Langsa.

Semoga infak dan sadaqah dari seluruh ummat disalurkan melalui Baitul Mal Langsa, dapat terus berjalan. Sehingga banyak masyarakat yang layak menerima manfaat, dapat tertolong dengan adanya bantuan ini, serta bagi mereka yang telah berinfak dan sedekah, terus diberi kemudahan oleh Allah dan diluaskan rezekinya, Aamiin..