Tingkatkan Keterampilan Guru, MIN 11 Aceh Utara Gelar Pelatihan Power Point

Aceh Utara, haba RAKYAT |

Untuk memenuhi tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, MIN 11 Aceh Utara melaksanakan pelatihan pengoperasian Microsoft PowerPoint tingkat dasar bagi guru yang dilaksanakan selama empat hari, sejak Senin hingga Kamis (21 – 24 Juni 2021).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H. Salamina, S.Ag, MA yang turut didampingi Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Muslem, S.Ag, Senin (21/6) di Aula PKG Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Dalam sambutannya H. Salamina mengatakan, media pembelajaran menjadi salah satu kelengkapan dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran memudahkan guru untuk menyampaikan materi kepada murid-muridnya. Semakin menarik media pembelajarannya, semakin murid-murid bersemangat untuk menyimak materi yang diberikan.

“Banyak sekali media pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru dan salah satunya adalah power point”, ujarnya.

Dikatakan, Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Media powerpoint bisa membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena media powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clipart yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.

“Power point memiliki banyak keunggulan sebagai media pembelajaran”, ucap Kakankemenag.

“Dengan adanya pelatihan ini, bapak-ibu dapat membuat media pembelajaran dengan power point yang menarik dan kreatif menggunakan power point sebagai media pembelajaran di kelas”, harap Kakankemenag kepada peserta.

Sebelumnya, Kepala MIN 11 Aceh Utara, M. Yusuf, S.Pd.I mengungkapkan, pelatihan ini dilaksanakan dengan harapan agar seluruh guru madrasah nantinya dapat menggunakan Microsoft PowerPoint dalam mengajar. Para guru dapat menyampaikan materi pelajaran yang diajarkan dengan menggunakan Infocus.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung rencana ke depan untuk lebih memajukan kualitas dari MIN 11 Aceh Utara, baik dari segi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) maupun Iman dan Taqwa (Imtaq). Seluruh dewan guru dapat mengoperasikan komputer, terutama Microsoft PowerPoint”, tegasnya.

Menurutnya, seiring dengan perubahan era manual ke era digital, ke depan dalam mengajar nantinya akan menggunakan Infocus sebagai media pembelajaran.

“Manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya dan ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh”, pinta M. Yusuf.

Ketua Panitia Pelaksana, Riza Firmansyah, S.Pd menuturkan, instruktur yang dihadirkan pada pelatihan ini, yaitu Munawir, S.HI dan Muhammad Uwais. Selain itu katanya, Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina dan Kasi Pendidikan Madrasah, H. Hamdani A. Jalil juga ikut menjadi narasumber pada kegiatan ini.

“Pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta, termasuk panitia”, pungkasnya kepada haba RAKYAT. (Yoes)