Dinas Perkim Asel Gelar Sosialisasi dan Rakor Program BRS

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh Selatan menggelar sosialisasi sekaligus rapat kordinasi dengan unsur terkait, di Aula Rapat Kantor Bupati, Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan, Selasa (14/5/2019).

Rakor digelar karena Kabupaten Aceh Selatan tahun 2019 ini mendapatkan kucuran Bantuan Rumah Swadaya (BRS) atau Bedah Rumah dari Sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 150 unit rumah atau sekitar Rp 2,6 milyar.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala BPKD, Diva Samudra Putra SE MM, Kepala Bappeda Drs Mufti A Bakar, Kabag Pembangunan, Safril S.Sos, Pimpinan Bank Aceh Cabang Tapaktuan, Jufri SE, dan para perangkat gampong dari gampong – gampong yang menerima BRS Tahun 2019

Kabid Perumahan dan Tata Bangunan pada Dinas Perkim Aceh Selatan Muchsin ST mengatakan, program Bedah Rumah ini dipusatkan di desa yang tercamtum dalam SK Penetapan Lokasi Lingkungan Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh di Kabupaten Aceh Selatan.

“Yang sudah ada Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan dan petunjuk pengelolaan dana DAK bidang Perumahan dari Kementrian Pekerjaan Umum,” jelasnya.

Ia memaparkan, pengelolaan Bantuan Rumah Swadaya ini adalah bersifat Bantuan Sosial yang langsung dikelola oleh Masyarakat setempat dan difasilitasi oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).

“Untuk Tahun 2019 ini di Aceh Selatan dapat Program Bedah Rumah atau Bangun Baru dari Berbagai Program mencapai sekitar 600 unit rumah atau lebih, hal ini adalah untuk merealisasikan visi misi Pemerintah Aceh Selatan yaitu Bedah Rumah,” sebutnya

Antara lain untuk Program Bedah Rumah atau Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) sumber dana APBN yang langsung dikelola oleh SNVT Provinsi.

Aceh Selatan menerima sekitar 100 Unit Rumah atau sekitar Rp 1.7 milyar yang lokasinya di Kecamatan Kluet Tengah, Bakongan Timur dan Labuhanhaji Barat.

“Untuk program BRS sumber dana DAK, kita menerima bantuan sekitar 150 unit rumah yang langsung dikelola oleh masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembangunan baru program pembangunan Rumah Sehat Sederhana (RSS) sumber dana Otsus yang langsung dikelola oleh Provinsi, Aceh Selatan mendapatkan sekitar 180 Unit Rumah atau sekitar Rp 15 Milyar yang tersebar hampir diseluruh kecamatan.

Total bedah rumah dan pembangunan baru yang kerjasama dengan Dinas Perkim Aceh Selatan sekitar 450 Unit Rumah. Jadi perkiraan untuk Aceh Selatan di Tahun 2019 ini mencapai 600 unit atau lebih karena juga ada program yang sama di Dinas Sosial Provinsi, Baitu Mal Provinsi serta Baitul Mal Kabupaten dan Kementrian Sosial.

“Sebenarnya untuk memudahkan dan lebih fokusnya Program Pembangunan atau Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kita perlu menyusun satu Data Base Terpadu yang Uptodate sehingga akan lebih memudahkan dalam mengawasi atau membuat perencanaan yang tepat,” sarannya.

Karena, lanjutnya, sekarang baik provinsi maupun pusat masih menggunakan data BDT Tahun 2015 sehingga perlu diverifikasi ulang dan sudah tentu banyak yang sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan.

“Hal ini sudah kami coba susun kerangka acuan kerjanya dan sudah kami sampaikan ke Bappeda semoga dapat direalisasikan di tahun 2020 nanti agar pembangunan dibidang Perumahan ini tepat sasaran dan tidak tumpang tindih,” harapnya.

Dalam acara sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) kepada Keuchik yang langsung diserahkan oleh Asisten II H Zaini Bakri S.Sos MM selaku mewakili Bupati Aceh Selatan H Azwir S.Sos.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Aceh Selatan Fakhruddin S.Sos. M.Si mengutarakan, bahwa bantuan rehab rumah ini juga dilakukan pengawasan oleh insternal dan exsternal, seperti dilakukan review terlebih dahulu oleh Inspektorat.

“Setelah itu baru dilakukan pencairan anggaran, kita mengharapkan kepada kepala desa selaku tim teknis di desa supaya turut mengawasi dan membantu kelancaran program ini,” tuturnya.

Dalam acara sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) kepada Keuchik yang langsung diserahkan oleh Asisten II H Zaini Bakri S.Sos MM selaku mewakili Bupati Aceh Selatan H Azwir S.Sos. (Ran/hR)

Don`t copy text!