Dua TSK Pencurian Dibekuk Polisi

Dok. Foto : Ilustrasi.

Aceh Tengah – haba RAKYAT.

 

Unit Resort Kriminal Polres Aceh Tengah, berhasil melakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka AR alias R dan MR Bin AW, untuk kasus pencurian di dua tempat terpisah. Penangkapan dilakukan berdasarkan adanya laporan dari korban yang telah melakukan berkas laporan acara (BAP) di Polsek wilayah hukum Aceh Tengah.

Berdasarkan perss rilis dari Kapolres Aceh Tengah AKBP. Hairajadi.SH, melalui Kasat Reskrim Iptu. Agus Riwayanto Diputra.SIK, Rabu (13/2), menyatakan tentang adanya penangkapan terhadap dua orang tersangka tesebut.

Penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka AR alias R (22), alamat Kp. Karang Bayur, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah. Penahanan dilakukan berdasarkan surat perintah penahanan nomor Sp.Han/01/II/Res.1.8./2019/Reskrim, Tanggal 08 Februari 2019, atas laporan korban bernama Sugiono.

Kronologis penangkapan terjadi bermula dari adanya laporan korban, Senin, Tanggal 28 Januari 2019, sekira pukul 02.00 Wib. Tentang terjadinya tindak pidana pencurian di Desa Pucuk Deku Kec. Bies Kab. Aceh Tengah, bertempat dibelakang rumah milik korban Sugiono. Korban kehilangan satu unit mesin gilingan pengupas kulit kopi basah yang di lakukan oleh tersangka AR Alias R.

Berdasarkan laporan tersebut Tim melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan berhasil di dapat informasi bahwa TSK pernah menawarkan mesin penggiling kopi dengan harga murah. Kemudian Tim melakukan penangkapan terhadap TSK di rumahnya tanpa perlawanan. Selanjutnya TSK dan Barang Bukti (BB) di giring ke Polres untuk penyidikan lebih lanjut.

Sementara penangkapan tehadap tersangka ke dua, terjadi pada hari Selasa (12/2), Unit Reskrim mengamankan tersangka MR Bin AW (14), warga Dusun Dua Kampung Kayu Kul, Kecamatan. Pegasing Kab. Aceh Tengah.

Tersangka masih di bawah umur ditangkap karena melakukan tindak pidana pencurian di rumah korban bernama Lemiyah, warga Kampung Simpang Uning Niken, Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah.

Berdasarkan laporan Berkas Acara Pelapor, pada hari  Senin, Tanggal 31 Desember 2018, sekira pukul 02.30 Wib di Kp. Simpang Uning Niken Kec. Bies Kab. Aceh Tengah, terjadi pencurian dirumah korban dan kehilangan satu unit hp merk oppo A37, Kopi gabah sebanyak 4 bambu dan uang Rp.3.700.000 (tiga juta tujuh ratus ribu rupiah).

Kronologis terjadinya kasus pencurian terjadi, Senin,  Tanggal 31 Desember 2018, sekira pukul 24.00  Wib. Korban saat itu baru pulang dari RSU Datu Beru Takengon, usai menjenguk bibi korban sakit. Dirumah korban juga sempat nonton tv sejenak dan mengunci pintu, korban langsung tidur di ruangan depan dengan anaknya yang kecil.

Sedangkan anaknya yang besar tidur di kamar depan, sekira pukul 01.00 wib korban bangun dan korban mematikan tv yang masih menyala. Selanjutnya Lemiyah tidur kembali, pada saat menjelang subuh dirinya bangun hendak melaksanakan sholat subuh.

Saat itu korban terkejut melihat pintu belakang rumah sudah terbuka, korban membangunkan anaknya yang besar untuk mengecek keseluruh ruangan rumah. Saat itu ruangan sudah di acak-acak dan semua barang berharga yang dilaporkan telah hilang dari dalam rumah korban. Korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pegasing dengan nomor LPB/01/l/2019/Polsek Pegasing, Tanggal 01 Januari 2019. (Rel – Erwin/hR)

Don`t copy text!