Relawan Butuh Mobil Transfusi Darah Keliling

Ketua Komunitas Wisata Tuantapa, Muchsin ST. (Dok. Foto : Imran Samad)

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Seiring semakin meningkatnya kebutuhan darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi/donor darah di Unit Transfusi Darah (UTD) BLUD RSU H Yuliddin Away Tapaktuan, Aceh Selatan.

Maka sudah selayaknya relawan di daerah penghasil pala itu memiliki mobil unit transfusi darah keliling. Untuk melaksanakan tugas secara rutin donor darah massal.

“Hal ini juga perlu didukung oleh bank darah, mungkin di PMI dapat juga dibuka UTD dan bank darah dengan berjalannya mobil unit transfusi darah,” kata Ketua Komunitas Wisata Tuantapa, Muchsin ST kepada Media haba RAKYAT di Tapaktuan, Jum’at (28/9/2018).

Ia menyebutkan relawan beserta rekan – rekan di UTD sudah bergerak bersama – sama sejak tahun 2017 hingga tahun 2018 membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi/donor darah di UTD BLUD RSU YA Tapaktuan.

“Dari tahun 2017 hingga tahun 2018 ini relawan pendonor darah sudah mencapai 150 orang, 50 orang diantaranya sudah menjadi pendonor tetap,” ujarnya.

Pendonor tetap ini lanjutnya, jika sewaktu – waktu dibutuhkan mereka bersedia mendonorkan darahnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di UTD BLUD RSU YA Tapaktuan.

Maka dengan adanya mobil unit transfusi darah ini nantinya bisa menambah jumlah relawan pendonor darah. Apalagi mobil ini nanti akan beroperasi setiap ada kegiatan keramaian baik di kecamatan Tapaktuan, maupun di kecamatan lainnya.

“Insya Allah, dengan demikian kebutuhan darah akan semakin lancar, aman dan terkendali minimal dapat membantu keluarga pasien yang membutuhkan,” tutupnya. (Ran/hR)

Don`t copy text!