Usai Buka Bersama, Ini yang disampaikan Bupati di Masjid Raya Pase Pantonlabu

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib bersama Kapolres dan Dandim 0103/Aceh Utara saat melakukan buka puasa bersama di halaman Masjid Raya Pase Pantonlabu. (Photo/Azhar).

Aceh Utara – haba RAKYAT.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib menghadiri kegiatan buka puasa bersama masyarakat yang dilaksanakan di halaman Masjid Raya Pase Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye. Senin, (13/5/2019). Amatan haba RAKYAT. Selain Kapolres Aceh Utara

AKBP Ian Rizkyan Milyardin, Dandim 0103/Aceh Utara, juga hadir para pejabat Forkopimda lainnya, sejumlah ulama, pimpinan dayah dan balai pengajian, para kepala SKPK Aceh Utara, jajaran Muspika Tanah Jambo Aye, para Geusyik dan imum gampong serta para tokoh masyarakat setempat.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Andree Prayuda, SSTP, MAP, mengatakan kegiatan buka puasa bersama ini digelar bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat setempat.”Silaturahmi ini sangat penting dibangun, apalagi dalam bulan suci Ramadhan, di mana kita dianjurkan untuk menjaga ukhwah islamiyah dengan segenap lapisan umat.” ujarnya.

Kehadiran Bupati disambut langsung oleh Imum Syik Masjid Raya Pase Pantonlabu Tgk H. Abdul Wahab Rasyid bersama sejumlah tokoh agama. Camat Tanah Jambo Aye Hanifza Putra, SSTP. dan tokoh masyarakat setempat.

Setelah pelaksanaan buka puasa bersama, dilanjutkan dengan shalat magrib dan shalat isya berjamaah. 

Sebelum memasuki shalat tarawih, panitia Ramadhan Masjid Raya Pase Pantonlabu memberikan kesempatan kepada Bupati H.Muhammad Thaib untuk menyampaikan sambutan singkat kepada para jamaah yang telah menanti sejak usai Magrib. Pada kesempatan itu, Bupati sangat mengapresiasi berbagai kegiatan masyarakat selama ini dalam meningkatkan ubudiyah kepada Allah SWT selama bulan Ramadhan. 

Pihaknya berharap suasana religius tersebut dapat terus terpupuk dalam kehidupan masyarakat Aceh Utara, sebagaimana dipraktikkan oleh orang-orang terdahulu atau endatu-endatu masyarakat Aceh pada zaman dulu. Bupati Aceh Utara juga mengajak seluruh masyarakat untuk memperbanyak sedekah selama bulan Ramadhan, karena potensi sedekah dan zakat sangat besar jika dikelola dengan baik dan profesional. 

Ke depan, kata Bupati Muhammad Thaib yang akrab disapa Cekmad. Pemkab Aceh Utara akan terus memaksimalkan kinerja Baitul Mal dalam mengumpulkan dan mengelola Infaq, sedekah dan zakat sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih optimal dalam pembangunan masyarakat. “Saya mohon maaf karena belum mampu memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat, masih ada masyarakat kita yang terjerat kemiskinan, angka kemiskinan di Aceh Utara masih besar,” kata Cek Mad.

Sejumlah terobosan telah dilakukan oleh mengurangi kemiskinan, di antaranya dengan mengeluarkan Perbup penggunaan dana desa untuk bantuan rumah dhuafa. Akan tetapi sejauh ini bantuan tersebut belum tuntas menangani seluruhnya, meskipun bantuan rumah dhuafa juga dilakukan melalui lembaga Baitul Mal Aceh Utara.

Menurut Cek Mad, persoalan kemiskinan tidak bisa dilihat dari sisi kehidupan ekonomi semata. Akan tetapi juga perlu ditilik dari sudut pandang religius. Ada hubungannya dengan nilai-nilai ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Cek Mad mengajak segenap lapisan masyarakat untuk meningkatkan ibadah sebagai jalan utama menuju kemakmuran dan kesejahteraan hidup.“Saya yakin orang yang banyak beribadah kepada Allah akan diberikan kelapangan hidup dan lepas dari kemiskinan,” ungkapnya.

Cek Mad juga menegaskan, pihaknya juga akan meninjau ulang bantuan rumah dhuafa, khususnya dalam hal kriteria warga miskin yang boleh diberikan bantuan rumah. Mereka adalah orang-orang yang rajin beribadah, sering shalat ke masjid, musalla atau meunasah. “Orang-orang seperti inilah yang akan jadi perhatian kita untuk mendapatkan bantuan rumah dhuafa,” tegasnya. (Azhar/hR)

Don`t copy text!